Rabu, 16 Mei 2018

Sejarah Berdirinya TPQ Raudhatul Jannah


بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Dalam pandangan Islam, pendidikan/ilmu merupakan suatu bentuk tindakan yang sangat penting yang wajib diutamakan. Pendidikan yang ditanamkan secara dini terhadap anak-anak dapat menjadi landasan yang kuat dalam menangkal hal-hal yang bersifat negatif yang saat ini sangat cepat dalam meracuni pemikiran generasi Bangsa Indonesia tercinta pada umumnya dan Umat Muslim pada khususnya dan alangkah mulianya pula bila pendidikan ini ditanamkan seiring dengan penanaman akhlak dan keagamaan yang kuat pada generasi yang sedang tumbuh dan akan menjadi tulang punggung bangsa kita ini kelak.
Terciptanya sebuah media pendidikan anak dalam bentuk Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) akan menjadi media penghubung/transfer ilmu bagi penanaman akhlak, penyerapan ilmu pengetahuan serta tata cara beribadah kepada sang penciptanya yaitu Allah Ta’ala, baik secara ritual maupun pada konsep kehidupan sehari-hari. Karena dengan media ini pula kita dapat menahan lajunya perubahan buruk yang datang dari dunia barat yang sangat kuat dan dapat mencerminkan sifat dan tradisi yang berlawanan dari tatanan prinsip kehidupan yang benar bagi umat Islam.
Oleh karena itu, kami dari pengurus “TPQ Raudhatul Jannah” hadir sebagai bagian dari masyarakat dalam mengatasi persoalan-persoalan yang timbul. Kami merasa adalah bagian dari mereka yang berproses dalam mengamalkan ilmu yang telah didapat selama ini kedalam kehidupan yang nyata. Dengan jumlah santri dan santriwati yang banyak dan minat orang tua, supaya anak-anak mereka mendapatkan pendidikan di TPQ yang kami selenggarakan, maka kami berusaha untuk mendirikan “TPQ Raudhatul Jannah”, yang berlokasi di Dusun Kompong Desa Pejanggik Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah – NTB.
TPQ Raudhatul Jannah didirikan berdasarkan musyawarah dari masyarakat Dusun Kompong pada tanggal 20 Juli 2005 yang awal kegiatannya dimulai dari salah satu Rumah milik dari Bapak Sapri sekaligus beliau sebagai Pendiri TPQ Raudhatul Jannah. Pada awal berjalannya kegiatan belajar mengajar di TPQ hanya 5 orang santri yang kemudian satu tahun berikutnya masyarakat berencana untuk membangunkan gedung sendiri untuk TPQ Raudhatul Jannah sehingga Alhamdulillah pada tahun 2007 dibangunlah tempat belajar TPQ diatas tanah wakaf dari Bapak Sapri dengan luas 8 x 8 m2.
Perkembangan TPQ Raudhatul Jannah semakin terlihat pada tahun ketiga setelah berdirinya yang saat itu santrinya sudah mencapai 25 santri. Sebagai media dakwah yang Allah Ta’ala siapkan bagi para pendidik di TPQ tentunya memiliki ujian dan cobaan terlebih dengan kondisi mendidik anak-anak yang kecil yang masih senang dengan bermain-main. Tapi inilah dakwah mulia yang kami yakin bahwa Allah Ta’ala yang akan mudahkan semuanya, insya Allah.
Ketika gedung tempat belajar mengajar kami sudah jadi dan santri semakin bertambah, bahkan bukan hanya dari Dusun Kompong saja yang datang mengaji, dari dusun-dusun yang lain yang berada di desa Pejanggik pun para orang tua mereka ikut serta menyerahkan anak-anaknya untuk di didik mengaji di TPQ Raudhatul Jannah seperti Dusun Serewa, Ponjol, Pongkor dan lainnya yang jarak tempuh dengan lokasi TPQ cukup jauh untuk jalan kaki. Akan tetapi masya Allah kami melihat semangat anak-anak didik kami sangatlah tinggi dalam menuntut ilmu sehingga mereka senang datang beramai-ramai untuk mengaji dengan berjalan kaki dari rumahnya masing-masing.
Melihat perkembangan ini kami dari para pendidik berinisiatif untuk mendaftarkan Lembaga TPQ Raudhatul Jannah di Kementerian Agama Lombok Tengah sehingga atas izin Allah Ta’ala, Alhamdulillah TPQ Raudhatul Jannah mendapatkan izin resmi dari Kementerian Agama Lombok Tengah tepatnya pada hari/tanggal: Selasa, 26 Sya’ban 1432 H / 26 Juli 2011 dengan nomor Izin : Kd.19.02/6-b/BA.00/2011. Inilah anugerah dari Allah Ta’ala sekaligus hadiah yang terbaik bagi kami para pendidik karna TPQ Raudhatul Jannah sudah memiliki izin resmi untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar di TPQ.
TPQ Raudhatul Jannah yang sampai sekarang ini di asuh atau di ketuai oleh Sdr. Rosihan Anwar, Alhamdulillah santrinya telah mencapai lebih dari 70 santri dan sudah memiliki Rekening sendiri yang terdaftar di Bank Syariah NTB dengan Nomor : 5100314274011 dimana nantinya dana Infaq, Shadaqah, Wakaf dan Zakat dari kaum muslimin akan di gunakan untuk kegiatan belajar mengajar dan perkembangan serta perbaikan TPQ Raudhatul Jannah.
Akhirnya kepada Allah Ta’ala semua urusan kita kembalikan dan kami berharap dan terus berharap Semoga Allah Ta’ala mudahkan segala urusan kami dan kaum muslimin dalam membina dan mengembangkan TPQ Raudhatul Jannah Dusun Kompong sehingga dapat mencetak para Penghafal Al Qur’an sebagai generasi penerus yang senantiasa bertaqwa kepada Allah Ta’ala. Dan semoga Allah Ta’ala menjadikan ini sebagai amal jariah bagi para Pendidik, Pendiri dan Juga seluruh Kaum Muslimin yang ikut serta dalam menyumbang untuk perkembangan dan Perbaikan kegiatan di TPQ Raudhatul Jannah. Aamiin,,,

Kompong – Lombok Tengah, 30 Sya’ban 1439 H.
Rosihan Anwar ( Pengasuh TPQ Raudhatul Jannah )
Info TPQ : 081381325317
 
back to top